Tehnik Foto Macro Dengan HP Yang Harus Kamu Ketahui



Apa itu foto macro? Foto makro yaitu salah satu teknik dalam pengambilan gambar atau foto, dimana antara kamera dengan objek jaraknya dibuat sedekat mungkin yang tujuan dari hal ini adalah untuk mendapatkan detail yang jelas dari objek serta akan menghasilkan gambar yang ukurannya sama dengan ukuran asli dari objek tersebut.

Saat ini beberapa smartphone ada yang sudah melengkapi mode pengaturan kamera untuk membantu membuat foto makro. Jika handphone kalian sudah dilengkapi dengan fasilitas ini, maka sangat beruntung karena setidaknya proses pengambilan foto macro sudah terbantu dengan aplikasi yang ada pada handphone yang akan digunakan untuk mengambil foto macro.

Berikut beberapa Tehnik Foto Macro Dengan HP Yang Harus Kamu Ketahui:



  • Periksa kebersihan lensa pada smartphone
    • Pastikan lensa pada smartphone kamudalam keadaan bersih atau tidak ada bekas goresan atau mungkin dalam keadaan pecah.
  • Menggunakan aksesoris atau lensa tambahan yang khusus untuk makro
    • Aksesoris atau lensa tambahan ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan jarak terdekat antara smartphone dengan objek yang kamu inginkan. Saat ini aksesoris ini sudah dapat dengan mudah kamu dapatkan pada toko penjual aksesoris smartphone.
    • Selain membeli, kamu juga bisa membuat lensa makro menggunakan lensa bongkaran atau lensa copotan dari kamera digital yang sudah tidak terpakai atau yang biasa disebut dengan Lesbong. Namun untuk mendapatkan lensa ini kamu harus belajar mereka yang sudah mengetahui secara detail.
  • Mengaktifkan fitur Modus Makro dan HDR
    • Pada beberapa smartphone dengan kelas menengah keatas biasanya sudah dilengkapi dengan pengaturan mode Makro atau HDR. Kedua fitur ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengambil gambar dari jarak dekat
  • Manfaatkan pengaturan pada kamera smartphone kamu
    • Atur focus pada mode infinite, atau kalau smartphone anda tidak mempunyai fitur infinite, kamu bisa memakai mode landscape. Intinya matikan mode auto focus pada smartphone. Untuk metering mode, pilih mode spot. Agar pencahayaan bisa terpusat ke area yang dituju saja (abaikan metering mode jika smartphone anda tidak memiliki fitur ini). Atur resolusi kamera anda pada resolusi tertinggi. Ini sangat berguna, agar foto yang nanti dihasilkan tidak pecah ketika di crop.
  • Tentukan titik focus yang pas dan tepat
    • Foto makro terletak pada detil focus dari objek yang difoto. Untuk mendapatkan titik focus yang tepat dan pas kita bisa mengaturnya menggunakan cara memaju dan memundurkan titik atau jarak fokus kamera dengan objek sampai menemukan titik fokus yang pas. Inilah fungsi setting mode infinite atau panorama pada smartphone. Fokus ditentukan dengan mengatur jarak dengan objek. Jika focus sudah didapatkan, tekan tombol sutter pada kamera smartphone anda.
  • Atur pencahayaan disekitar objek
    • Pengertian fotografi adalah melukis dengan cahaya, jadi hal terpeting dalam memotret adalah ketersediaan cahaya yang cukup baik. pastikan pencahayaan ke arah objek sudah baik dan sesuai dengan gambar yang kita ingikan. Pencahayaan paling baik adalah cahaya alami dari sinar mataharii. kamu juga bisa menggunakan alat pemantul cahaya atau reflector untuk mengatur arah datangnya cahaya sehingga benar-benar tepat ke arah objek. Selain cahaya matahari, kamu juga bisa menggunakan cahaya buatan menggunakan lampu LED atau alat penerangan lainnya. hindari penggunaan flash bawaan smartphone untuk membuat cahaya yang lebih natural dan baik.
  • Memotretlah dengan kamera yang stabil.
    • Untuk mendapatkan gambar yang baik, pastikan kamu memotret dengan tanpa getaran pada tangan yang memegang kamera. Kamu bisa menggunakan tripod, monopod atau alat bantu lainnya guna menghindari getaran. Cara lain untuk menghindari getaran saat memotret adalah dengan menggunakan timer.


0 Response to "Tehnik Foto Macro Dengan HP Yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar